Posted by : Andre Chrisnawan September 23, 2015

Yak, Microsoft Office Word ! Udah tau kan ? Apa belom pernah tau ? Masa sih belum pernah tau ? Microsoft Word itu sebuah software yang diciptakan sama Microsoft untuk mengolah kata, gampangannya ya buat ngetik lah, buat bikin tugas-tugas kalian juga bisa pake ini. Nah, sekarang gw akan ngomongin tentang apa aja sih yang ada di Ms.Word ?

Kali ini gw akan membahas tentang Ms. Word 2007. Kenapa 2007 ? Karena menurut gw, Word 2007 itu lebih mudah dipelajari dan dipahami. *FYI, Ms.Word udah sampai 2013 guys*
Nah, ini tampilan Ms.Word 2007

Yang pertama adalah Office Button, Office Button ini fungsinya adalah untuk menampilkan beberapa menu, diantaranya adalah New, Open, Save, Save As, Print, Prepare, Send, Publish, Close dan Options. 
Lalu ada yang namanya Quick Access Toolbar, bagian ini fungsinya untuk mempermudah kita melakukan sesuatu, misalnya kita ingin menyimpan dokumen kita, dari pada ribet klik office button lalu klik save, lebih praktis kita langsung menuju ke Quick access toolbar aja guys. Nah gak cuma save aja, ada banyak sekali perintah yang dapat di taruh disini, kita bisa memilihnya lewat tanda segitiga disampingnya.
Ada lagi yang namanya Title Bar, fungsinya untuk menampilkan judul dokumen kita, disebelah kanannya ada Close Button, fungsinya untuk kontrol jendela Ms,Word, bisa untuk menutup, me minimize dan maximise. 
Selanjutnya ada Ribbon, ribbon itu semacam tempat berkumpulnya menu-menu perintah yang ada di Ms.Word. Jadi kalian yang ingin menggunakan perintah-perintah di Ms.Word, langsung aja cari di Ribbon.
Dibawahnya Ribbon ada yang namanya Ruler, yang berarti Penggaris / Mistar. Fungsinya yaitu untuk mengukur seberapa besar karakter yang kita pakai di Ms.Word. Ruler akan mempermudah kita mengatur posisi-posisi karakter yang kita olah di Ms. Word.
Lalu di tengah ada space kosong ? Nah, itu adalah Document Window, bagian ini adalah lembar kerja kita. 
Dibagian kanan dan bawah ada Scroll Bar, scroll bar ini fungsinya untuk menggeser lembar kerja kita tadi, bisa digeser atas bawah dan kiri kanan guys.
Ada Zoom Slider yang fungsinya untuk memperbesar atau memperkecil tampilan lembar kerja kita. 
Abis itu ada Status Bar yang fungsinya menampilkan informasi tentang halaman dokumen kita.
Yang terakhir adalah View Buttons, fungsinya yaitu untuk menyesuaikan tampilan lembar kerja kita. Mau kita buat tampilan satu halaman ? Atau dua halaman ? atau tampilan yang lain.

Nah, itu dia beberapa point yang ada di Ms.Word 2007. Sebenernya masih buanyak banget yang ada di Ms.Word 2007, mungkin akan gw jelasin di postingan-postingan berikutnya. Semoga dengan baca ini kalian bisa tau atau mungkin lebih tau tentang Ms.Word. Oke guys, Bye !

{ 10 comments... read them below or Comment }

  1. aku jadi nostalgia pelajaran komputer pas masih sekolah, menjelaskan fungsi tool-tool nya. :D good job! Suatu saat ada orang yang lagi belajar word. Lalu mampir ke blog ini dan dapat informasi ttg Word. :)

    ReplyDelete
  2. Yah, dengan aplikasi ini pelajar-pelajar Indonesia maupun seluruh dunia terbantu dengan adanya aplikasi ini~

    ReplyDelete
  3. Hmm jadi keinget beberapa tahun yang lalu pas pelajaran TIK, mesti ngafalin ikon-ikon yang ada di Ms Word dan dijadikan nilai ujian.

    Punyaku masih 2007, mau cari yang lebih tinggi lagi tapi gak tau mau donlod dimana. Lagian ms Word fiturnya juga masih bagus.

    ReplyDelete
  4. Sayangnya gue udah move on dari MW 2007 dan beranjak ke MW 2010, tampilannya lebihnya mantap, tapi sayangnya kalau mau print, gue mesti rubah "Save As Type" jadi 2007 biar pas di buka dari MW 2007 spasinya ada, kalau gak dirubah Spasinya jadi hilang (korbannya nih). Soalnya driver printer di laptop gue gak ada, adanya di laptop bapak gue, mau print di warnet masih pakai MW 2007 =.=

    ReplyDelete
  5. Microsoft word ini emang salah satu program dari microsoft office yang paling banyak dipake... buat segala macam aktivitas, mulai dari buat makalah, karya tulis, cerpen, novel, buat kerja dan lain - lain...
    Emang banyak sih fungsinya, tp rata2 orang cuma make buat nulis sesuatu doang tanpa ngeliat fungsi lain yg bisa dipake di word ini... kan sayang jadinya...

    ReplyDelete
  6. berasa belajat komputer pas SMP nih..
    dulu inhet bgt pertama belajar ngetik, hobi bgt bimin2 wordart gitu.. yg warnanya biru ku ing ijo.
    terus nanti tulis nya

    aku sayang kamu. 4 ever. hahaha

    ReplyDelete
  7. saya masih pake 2007 nih. ngeliat yang baru rasanya bingung deh dan harus belajar lagi

    bedanya sama yg terbary emangnya apa ya

    ReplyDelete
  8. Berasa kembali ke pas belajar computer di SMP nih, gilanya, dulu di sana malah Office 2003 yang dipake, eh mungkin di bawahnya, jadul banget ._.

    Tapi emang sejauh ini 2007 masih jadi pilihan selain 2010 Dan 2013, sayangnya format 2013 atau 2010 bakal hancur kalau dibuka di 2007, walaupun memang ada cara mengakalinya, tapi kadang kalau pas khilaf, bikin kesel -_-

    Aku sih lebih milih 2013, terbaru dan lebih enak menurutku :D

    ReplyDelete

Blogger yang baik selalu meninggalkan jejak lewat komentar !

- Copyright © 2013 Sekedar Tugas - Shiroi - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -