Posted by : Andre Chrisnawan October 01, 2015

Halo guys, kali ini gw akan berbagi ke kalian tentang suatu software dari Microsoft yang isinya rumus-rumus. Apakah itu ? Yak softwarenya adalah Microsoft Excel !




Microsoft Excel ini berguna bagi kalian yang punya data-data yang perlu perhitungan gitu. Misalkan kalian punya data tentang rekap keuangan, terus daftar orang yang diutangin dan berapa utangnya, pokoknya gitu-gitu deh.
Nah di Microsoft Excel itu ada banyaaaaaak banget rumus. Kali ini gw akan berbagi sama kalian beberapa rumus yang sering di gunakan di Microsoft Excel.

1. SUM
SUM adalah rumus yang fungsinya untuk menjumlahkan. SUM bisa menjumlahkan 2-tak terhingga kolom. Cara penggunaan rumus SUM gampang banget, tinggal ketik
=SUM(cellpertama : cellterakhir). Misalkan kalian akan menjumlahkan angka di cell A1-A5 maka penulisannya =SUM(A1:A5). Terus kalo udah tekan Enter.

2. Average
Sesuai artinya yaitu "rata-rata", fungsi rumus average ini adalah untuk menghitung rata-rata dari data kalian. Cara penggunaan rumus average adalah =Average(datapertama:dataterakhir). Misalkan kalian akan menghitung rata-rata dari cell A1-A5 maka penulisannya =Average(A1:A5) . Setelah itu tekan Enter.

3. Max
Max adalah rumus di Microsoft Excel yang berfungsi untuk mencari jumlah dari data yang terbesar. Misalkan kalian ingin mencari nilai data yang terbesar, dari cell A1-A5, maka penulisannya adalah =Max(A1:A5)

4. Min
Min adalah rumus di Microsoft Excel yang berfungsi untuk mencari jumlah dari data yang terkecil. Misalkan kalian ingin mencari nilai data yang terkecil, dari cell A1-A5, maka penulisannya adalah =Min(A1:A5)

5. IF
IF, sesuai artinya yaitu "Jika", fungsinya yaitu adalah sebagai rumus fungsi logika. Jika begini jadinya begitu, jika begitu jadinya begono, dan seterusnya. Penulisannya adalah =IF(Logika;jikabenarmaka;jikasalahmaka)

6. VLOOKUP
Vlookup adalah rumus excel yang digunakan untuk mencari nilai berdasarkan pembacaan pada tabel referensi yang ditentukan berdasarkan nomer kolom (data tersusun secara vertikal). Bentuk penulisannya adalah : =Vlookup(kriteria;tabel_rujukan;no_kolom_tabel;rangelookup)

7. HLOOKUP
Hlookup adalah rumus excel yang digunakana untuk mencari nilai berdasarkan pembacaan pada tabel referensi yang ditentukan berdasarkan nomor baris ( data tersusun secara horizontal). Bentuk penulisannya adalah : =HLOOKUP(kriteria;tabel_rujukan;no_kolom_baris;rangelookup)


Nah, segitu dulu yang bisa gw share ke kalian, sebenernya ada banyak banget rumus yang dipake di Excel. Semoga dari postingan ini kalian jadi tau rumus-rumus Excel atau mungkin keinget lagi sama rumus-rumus ini. Bye !

{ 6 comments... read them below or Comment }

  1. dari no 5 sampe no 7 saya gk tahu rumusnya
    maklum SMA cuma belajar sum, min average dan max aja gk sampe vlookup atau yng lain

    menurutku, menghapal dan tahu rumus ini jauhh lebih sulit loh

    ReplyDelete
  2. save save save... suatu saat pasti diperluin nih... jadi keinget masa-masa SMA ini pelajaran wajib komputer, udah gitu komputernya ganti gantian lagi sama yang lain.. :D

    ReplyDelete
  3. Yang gue tau cuma sum doank. Selainnya baru baca sekarang. Sebelum2nya diabaikan...

    ReplyDelete
  4. jadi ingat pelajaran SMA, ternyata rumus-rumus Excel banyak juga ya? Sum yang pasti jumlah, sama average rata-rata, dengan menggunakan rumus, bisa menghemat waktu :)

    ReplyDelete
  5. Kalo bisa menguasai fungsi IF itu bakalan membuka tabir baru dalam dunia per-excelan haha.

    cukup bayangin daftar harga hardware PC yang banyak itu bisa dipilih dan keluar harga totalnya di excel.

    ReplyDelete
  6. Iya, dek. Dulu gue pas jaman SMP juga lagi getolgetolnya belajar ini sampe nggak bisa tidur karena emang nggak suka ngapalin rumus rumus macem begini..hehehe..

    Belajar yang rajin yak, SEMANGAAAAAAAAAAAATTT!! hehehehe

    ReplyDelete

Blogger yang baik selalu meninggalkan jejak lewat komentar !

- Copyright © 2013 Sekedar Tugas - Shiroi - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -