Posted by : Andre Chrisnawan November 12, 2015

Wasappp.. Kali ini gw akan bahas software lagi, kali ini giliran Visual Basic.
Visual Basic adalah salah satu development tools untuk membangun aplikasi dalam lingkungan Windows. Visual Basic juga digunakan untuk membuat GUI ( Graphic User Interface). Berikut adalah tampilan dari Visual basic :

Tampilan untuk ms. visual basic 6.0 terdiri dari beberapa interface yang saling berhubungan yaitu :
-    Bagian menu program
-    Bagian toolbar
-    Bagian toolbox
-    Bagian jendela properties
-    Bagian form
-    Bagian jendela proyek
-    Bagian jendela lay-out

1.     Project
Pertama kali ketika program menggunakan visual basic akan digunakan maka komponen project yang akan diload, selanjutnya adalah menambah form-form atau membuat modul atau mungkin membuat kode program, secara lebih sederhana posisi project dalam setiap komponen yang ada adalah seperti terlihat pada gambar dibawah ini

2.     Form
Form digunakan ketika akan meletakkan object-object apa saja yang akan digunakan dalam program, object-object yang terdapat dalam toolbox, diletakkan dan didesain dalam bagian form. Form sebenarnya adalah suatu objek yang dipakai sebagai tempat bekerja program aplikasi, secara otomatisakan tersedia form yang baru bila membuat program aplikasi yang baru, yaitu dengan nama form1. Umumnya dalam suatu form terdapat garis titik-titik yang disebut dengan Grid.

3.     ToolBox
Toolbox adalah kotak alat yang berisi icon-icon untuk memasukkan objek tertentu ke dalam jendela form. Toolbox tersebut dapat dimodifikasi misalnya menambah komponen icon dengan cara melakukan klik kanan pada toolbox  lalu memilih Components atau Add Tab.

4.     Properties
Property digunakan untuk menentukan setting suatu objek. Suatu objek biasanya mempunyai beberapa property yang dapat diatur langsung dari jendela properties atau lewat kode program.
Dalam property antara lain didapatkan informasi mengenai warna, tinggi, lebar dan posisi sebuah objek. Nilai pada tiap property dapat mempengaruhi cara objek ditampilkan atau cara objek bekerja, bagi sebuah objek property mirip dengan variabel lokal dalam prosedur. Property langsung berkaitan dengan objek dan digunakan oleh proses-proses yang ada dalam objek.

Leave a Reply

Blogger yang baik selalu meninggalkan jejak lewat komentar !

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © 2013 Sekedar Tugas - Shiroi - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -