Posted by : Andre Chrisnawan November 05, 2015

Bagi kalian yang hobi di bidang elektronika, software Proteus ini bisa berguna bagi kalian. Software Proteus ini digunakan untuk mensimulasikan rangkaian elektronika kalian dalam bentuk software. Selain itu, Proteus juga bisa digunakan untuk mendesain PCB, kalian bisa membuat jalur-jalur PCB untuk rangkaian kalian.

Proteus terbagi menjadi 2 lagi yaitu ISIS dan ARES

1. ISIS
ISIS disini bukan sekelompok teroris tetapi adalah sebuah software yang membantu kalian untuk mensimulasikan rangkaian elektronika yang kalian ingin buat.
ISIS mempunyai banyak sekali macam komponen elektronika, jadi keuntungan yang kalian bisa ambil dari software ini adalah kalian tidak perlu lagi pusing mencari komponen elektronikanya. Keuntungan lainnya adalah kalian tidak perlu khawatir rangkaian kalian salah atau rusak, karena kalian sudah mensimulasikan nya terlebih dahulu dan bisa memperbaiki dengan mudah, sehingga kalian tidak rugi dalam proses perangkaian.

2. ARES
ARES adalah software dari Proteus juga yang fungsinya yaitu untuk membuat jalur atau layout PCB rangkaian elektronika.
Keuntungan kalian menggunakan software ini, kalian tentunya bisa dengan mudah membuat jalur PCB dari rangkaian yang kalian ingin buat, karena dari ukuran komponen, besar jalur, dsb sudah disetting secara default, jadi kalian tidak perlu bingung untuk layout PCB kalian. Pada gambar diatas merupakan layout sebuah mainboard, tidak hanya untuk peletakan jalur, kalian juga bisa mengatur peletakan komponen dan untuk melihatnya kalian bisa melihatnya dengan mode 3D seperti gambar berikut.


Nah, jadi itu temen-temen kedua software yang berguna banget bagi kita orang elektronika :) Kesimpulannya software ISIS yaitu software untuk mensimulasikan rangkaian elektronika dan ARES yaitu software untuk mensimulasikan sekaligus membuat jalur rangkaian elektronika kalian. 
See you on next post ! 

Leave a Reply

Blogger yang baik selalu meninggalkan jejak lewat komentar !

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © 2013 Sekedar Tugas - Shiroi - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -