Posted by : Andre Chrisnawan April 16, 2014

YO DAWG ~ Ini bermula dari pikiran gw mau buat tutorial apa lah terserah. Tapi gimana caranya bikin tutorial yang menarik buat dibaca ? Akhirnya kebingungan itulah yang memunculkan ide !
Beberapa orang lihai membuat suatu kreasi, keren abis gitu karya nya.... dan setiap karya yang keren, pasti ada yang nanya 'Tutornya dong kakaa... linknya dong kakaaa... ayo kak dvd nya kakk 10ribuan kaakk....' Si Kakak-kakak itu tadi nanggepin 'Yah... gw gak bisa bikin tutor... sorry ya.. mungkin tahun depan *muka raisa* . Disini gw akan coba ngasih tutorial membuat tutorial yang sederhana banget, check this out !\

  1. Kamu harus yakin kalo yang pengen kamu bikin tutorial adalah hal yang fantastis dan ciamik buat dilihat sama khalayak ramai *dodit*
  2. Kamu harus bisa buat yang kamu ingin tutor kan ke orang-orang. Kalo belom bisa trus di tanya tanya gimana coba -_-
  3. Rencanakan dimana mau lu sebar itu tutorial, dimana tempat strategis buat promo, misalnya di tiang2 listrik. Dikasih tulisan 'Mau ayam jago anda berotot ? Kunjungi ayamsakit.com, ada trik-trik biar si jago perkasa dan tahan lama ! Buruan buka ! Keburu di blokir !'
  4. Abis itu persiapan pembuatan tutorial, mau di buat video ? Siapin kamera, tempat yang keren buat background, cari backsound yang sesuai... atau mungkin yang pengen di post di blog, siapin blog nya *haruspunyalah-_-* trus siapin judul dan kata-kata yang menarik, juga jangan lupa gambar-gambar yang mendukung, entah itu screenshot atau mungkin gambar bugil yang bikin rame, terserah kalian lah yang penting kan menarik ? Mungkin juga ada yang tertarik bikin selebaran kaya ayam tadi juga boleh dicoba tuh !
  5. Siapin waktu dan koneksi yang fit ! Biar fast respond kalo ada yang nanya-nanya, jangan sekarang bikin tutorial 3 hari kemudian baru bales. Nih gw kasih tau prinsip nge blog ala Andre, yaitu "Telat bales, bikin Males !'' Gw berpikiran terus 'Kalo gw telat respond mereka, mereka pada pergi nyari solusi di tempat lain dan akhirnya gw udah nggak dilirik lagi deh'
  6. Siapin duplikat nya ! Mirror link atau semacamnya. Kadang-kadang web upload itukan suka rese, tau-tau akun ke banned, padahal file disitu semua.. akhirnya harus upload lagi, kan bikin bete ? Mending dari awal kita udah siapin semua secara rapi, jadinya santai kalo ada kesalahan gitu. Selalu 'Antisipasi untuk kemungkinan terburuk;
Yap, itu tadi sedikit tips buat kalian yang bingung pengen buat tutorial. Semoga kalian manfaat dengan baik !
Oh iye, ada sedikit bonus nih... Buat kalian yang pengen buat tutorial lewat video, pasti kalian butuh backsound yang kece kan ? Mungkin sebagian dari kalian udah tau fasilitas Google ini, yap ! Youtube Audio Library.. disitu kita bisa temukan banyak banget backsound yang ciamik buat dipasang di video kalian, langsung aja di akses > disini . Google juga menyediakan editor video online ! Bagi yang males download software buat edit video, bisa kesini. Oke, sekian dari gw, Selamat Berkarya !!

{ 21 comments... read them below or Comment }

  1. hehehehee...keren untuk tutorialnya tutorial tutorial....sayangnya saya nggak suka totorial-tutorial gitu....semoga yang lain cocok *malah kayak beli baju...

    tapi kerenlah....cukup untuk bikin pembaca marah dengan ide yang kadang radak "bodoh" *udah dalam tanda kutip lo :P

    piiiiiisssss

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini juga dalam rangka pintar membuat kebodohan kok

      Delete
  2. Wah infonya bermanfaat banget ini bang. Tapi sayangnya kalo buat aku sendiri sama sekali belum ada niatan buat bikin tutorial. Masih asyik sendiri aja apalagi di blog. Padahal lumayan ya bisa ngasih informasi juga buat orang lain. Informasi yang bermanfaat pastinya.

    Harus fast respond ya? Hmm.. kayaknya aku nggak bisa tuh. Online di laptop aja kadang-kadangan hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ooo.. pantesan cinta gw gak di respond2 .. :v

      *bercanda woy

      Delete
  3. iya sih ya, kalo mau buat tutorial tuh mesti bisa apa yang mau dibuat tutorialnya.
    ribet juga pas orang nanya2 malah kitanya diem, gak bisa jawab, ntar dikira copas tutor orang pula ya. -_-

    "Telat bales, bikin males". iya banget tuh. bete juga kalo pas ada yang bikin tutorial diblog, terus kita ngikutin, eh pas setengah jalan ada yang gagal apa gimana gitu, jadi tentu pengen nanya.
    lah kalo responnya lama, jadi gimanaaa gituuhh.

    ReplyDelete
  4. nah, sebelumnya gue mau tanya, sebelum lo bikin tutorial ini lo udah nerapin tutorial yang ada di tutorial ini yang menjelaskan tutorial membuat tutorial belum?

    ReplyDelete
  5. bagus nih, bikin tutorial buat tutorial

    ReplyDelete
  6. gue belum pernah buat tutorial jadi gue bisa ambil nih tutorial biar gue bisa buat tutorial sendiri, nah ! --"\

    ReplyDelete
  7. Tutorial untuk tutorial? Boleh lah. Paragfaf terakhir tadi itu aku baru tau, wah bermanfaatlah. Dan oh iya, Ayam sakit itu beneran ada lho, dia anggota BE juga malah udah nerbitin buku dengan judul yang sama.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gw juga pernah denger itu blog, tapi gw liatnya di twitter :v Jadi inspirasi deh

      Delete
  8. hahaha, boleh juga nih tips walo absurd yah bermanfaat juga dah...sekarang coba dipraktekin Ndreeeee..

    ReplyDelete
  9. Tutorialmu kreatif! Ini kali pertamanya gue nemuin tutorial bikin tutorial XD

    ReplyDelete
  10. nah .... point yang susah buat blog tutorial yaitu fast respon.

    gak mungkin juga kan kita selalu standby di depan komputer :D

    ReplyDelete

Blogger yang baik selalu meninggalkan jejak lewat komentar !

- Copyright © 2013 Sekedar Tugas - Shiroi - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -